Sabtu, 05 Juni 2010

Endah N Rhesa: Love, happiness, fun, humble, and creative



Duo akustik paling fenomenal saat ini beberapa waktu lalu berhasil From Monday to Sunday wawancarai disela-sela kesibukannya tampil di kota Bandung. Selepas penampilannya yang memukau di West Java Jazz 2010, Endah Widiastuti dan Rhesa Adityarama pun berbincang dengan kami mengenai musik Endah N Rhesa, kesenian Indonesia, sampai impian tergila mereka.
Berikut petikan wawancara From Monday to Sunday!

From Monday to Sunday : Kalian kan Pasangan suami istri sekaligus musisi, sulitkah membagi waktu antara kehidupan rumah tangga dengan kehidupan bermusik kalian?
Endah N Rhesa: Tidak. Karena hidup bermusik kami 70% dan kehidupan biasa kami 30%.

Fmts: Bagaimana caranya kalian bisa menentukan prosentase kehidupan 70-30 seperti itu?
Endah: Karena memang dalam kehidupan sehari-hari kami, musik merupakan suatu hal yang sering sekali kami bicarakan. Justru kehidupan yang lain itu jarang sekali frekuensinya. Hahaha. Misalnya gw ga bisa masak, Rhesa tidak akan terlalu mengangaap itu sebagai suatu masalah. Lain hal nya kalau gw ga bisa memainkan lagu yang seharusnya gw mainin. Nah, dari situ udah keliatan kalo Rhesa lebih malas kalo gw ga latihan gitar dibanding gw ga bisa masak.

Fmts: Betul begitu Rhesa?
Rhesa : Yap, betul sekali. Haha. Ketertarikan lawan jenis itu kan berbeda-beda, ada yang sama-sama suka makanan, travelling, olahraga, naaaah, kalo kita nih benar-benar tertarik di musik. Ketertarikan kita berdua terhadap musik jauh lebih besar daripada ketertarikan kita untuk berpacaran. Teman kami, Dedi vokalis Andra and the Backbone pernah bilang kalau kami ini mencampurkan antara musik dan percintaan.

Fmts: Ceritakan awal mula kalian memilih untuk main accoustic, padahal latar belakang kalian dulu kan rock band?


Endah: Basically dulu gw yang suka Rock. Dulu juga gw pernah serius main jazz, blues,dan klasik ,nah sebenarnya itu semua merupakan proses pencarian jati diri gw. Ketika gw ketemu Rhesa terbentuklah jati diri gw yang sebenarnya, Endah yang bukan pemain gitar rock, pemain gitar p blues, pokoknya hanya Endah saja, Endah yang sekarang ini. (Tertawa tersipu)

Fmts : Apa genre music Endah N Rhesa ?

Rhesa : Ballads, artinya musik yang bercerita. Jadi apapun musiknya kita ingin terus bercerita. Nah ceritanya ini bukan cerita realitas tentang Endah N Rhesa, tapi kita lebih sering captured satu moment trus kita bikin satu cerita menarik terus kita bagikan moment tersebut di lagu kita. Dengan harapan nantinya orang bisa mengambil hikmah sendiri.

Fmts : Itu kenapa setiap Endah N Rhesa tampil selalu ada story telling diawal lagu?

Rhesa :Ya, betul sekali, pokoknya apapun musiknya kita ingin terus bercerita!

Fmts: Yang bikin Endah N Rhesa special dari musisi yang lain?
Rhesa : Sombong ntar gw! Haha. Selama ini gw belum pernah menemukan musisi yang seperti kita. Kita banyak mengambil konsep dari berbagai band baik jazz, rock, atau band apapun yang sing along. Nah! Apa yang band lain lakukan secara full band, kita hanya melakukannya hanya berdua saja. Hehe. Terus gw kan kuliah IT nih, multimedia itu memilki 5 unsur, ada audio, video, text, gambar, dan animasi. Kita menggabungakan ke 5 unsur itu dan membuat Endah N Rhesa semakin menarik. Jadi Endah N Rhesa itu tidak hanya enak didengar, tapi juga enak diliat hari gambar-gambar yang ada di design album.

Fmts: Cerita di album itu mengenai apa?
Rhesa: Jadi ada sebuah pulau bernama Silence Island, disana hidup seorang musisi yang juga ilmuan bernama Shane Harden. Disana ia bertemu dengan orang-orang yang memiliki banyak cerita. Akhirnya ia memilki ide untuk menceritakan tentang cerita teman-temannya tadi tanpa teman-temannya tahu. Maka ia menciptakan 2 buah karakter yang dinamakan Endah N Rhesa dengan karakter ada yang berambut kribo terus pakai kacamata. Nama Shane Harden sendiri kalau dibalik-balik jadi Endah N Rhesa loh.

Fmts :Bagaimana persaannya tadi tampil bersama Saung Angklung Mang Udjo?

Endah: Menarik banget! Kalau diibaratkan, kita ini masih anak kecil banget kalau dibanding dengan Saung Angklung mang Udjo yang sudah sangat lama bermusik. Kita baru aja latihan hari ini, sebelumnya kita hanya berkomunikasi lewat cd mereka yang kami dengarkan, tapi itulah the magic of music, kita kan sama-sama musisi, jadi bahasa kita sama-sama bahasa musik. Meski mereka dengan alat musik tradisional dan kita dengan alat barat. Terlihat sekali ketika kami berkolaborasi tadi, meski tanpa latihan yang cukup lama, hasilnya tetap memuaskan karena itu tadi, kami memiliki bahasa musik yang sama. Kita senang banget lah, ada sesuatu yang bisa dibawa pulang dari acara kali ini.Indonesia, khususnya Bandung tuh memilki kekayaan tradisi yang harus dilestarikan.

Fmts :Kalian memandang seni musik tradisional Indonesia seperti apa sih?
Endah: Sejauh ini kami sangat menikmati seni tradisional. Aku sendiri dari dulu suka sekali sama wayang, baik wayang kulit atau wayang orang. Rhesa sendiri neneknya keroncongan. Banyak sekali kekayaan seni Indonesia yang tidak ada di negara manapun.
Rhesa: Kalau menurut saya seni Indonesia itu sebenarnya sama seperti seni di negara lain, bedanya justru kita lebih kaya. Kita lihat aja di Indonesia tiap provinsi pasti punya kebudayaannya sendiri.

Fmts :Banyak yang bertanya kenapa hampir seluruh lagu Endah N Rhesa menggunakan bahasa Inggris?
Rhesa: Kita sebelumnya sudah memilki konsep dengan cerita Shane Harden tadi, dimana ceritanya memang sudah menggunakan bahasa Inggris. Jadi sampai 3 album kedepan kita tetap konsisten dengan konsep yang sama. Ada pernyataan menarik dari teman kita, Nikita Dompas, dia bilang “we are the world citizen”, jadi apapun bahasa kita, kita tetap bermusik.
Endah : Sebenarnya kita punya banyak lagu bahasa Indonesia, tapi tidak di publish aja. Lagipula kita membawa konsep album ini secara lengkap, tidak setengah-setengah. Dulu kita perlu membangun image Endah n Rhesa, supaya orang itu mengerti karakter Endah N Rhesa yang sebenarnya. Tapi sekarang ketika orang sudah mengerti karekter kita yang sebenarnya, mau kita bawain lagu pake bahasa Arab, bahasa Perancis, atau bahasa apapun, orang sudah mengerti karakter kita yang sebenarnya. Tapi kita sendiri sebenarnya fleksible kok!

Fmts :Kami melihat Endah N Rhesa adalah musisi yang cukup aktif di twitter. Kalian memandang twitter itu media seperti apa sih?
Endah: Itu merupakan media sosial, selain media untuk sharing, twitter bisa juga jadi alat promosi, tapi yang paling penting adalah sebagai sarana komunikasi kami dengan pendengar kami. Kenapa kami lebih memilkih twitter karena itu adalah media paling update sekarang, tapi kalau mau tau lebih dalam tentang kami silahkan lihat website kami.

Fmts :Dengan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, masyarakt pun semakin mudah untuk bisa mendownload lagu dari berbagai macam musisi, termasuk Endah N Rhesa. Apakah kalian merasa dirugikan dengan hal tersebut?
Rhesa:Ada yang bilang pembajakan adalah salah satu bentuk promosi. Ketika orang sudah mendengarkan satu lagu, kalau memang suka, pasti mereka akan mencari lagu-lagunya yang lain. Nah, kita ada setuju ada tidaknya. Endah pernah googling tentang Endah n Rhesa, lalu ditemukanlah salah satu website yang upload satu album full Nowhere to Go. Endah pun langsung menghubungi pemilk website tersebut, dan mengutarakan ketidak setujuannya atas album kita yangdi-upload di website itu.
Endah: Ya, betul sekali, gw harus bilang kalau itu merupakan suatu fenomena. Tapi kamu harus tahu jawaban dari si pemilik website tersebut.. dia minta maaf karena harus meletakkan lagu Endah N rhesa sisitu. Karena ada temannya di luar kota yang ingin sekali mendengarkan lagu Endah n Rhesa , tapi tidak bisa mendapatkan cd nya. Dari situ gw tau, kalo ternyata motif dari orang yang membajak tidak selamanya jahat. Gw sih sangat memaklumi hal tersebut, asalkan nanti ketika mereka bisa mendapatkan cd originalnya jangan lupa dibeli! Karena hal itu juga yang kadang kami lakukan, kita juga pernah mendowload lagu dari musisi luar yang tidak ada cd originalnya di Indonesia, tapi sebisa mungkin kita nitip teman yang sedang ada di luar. Tapi sekarang kami senang sekali sudah mengetahui bagaimana caranya membeli lagu secara legal!

Fmts :Jika diizinkan untuk berkhayal, bentuk teknologi paling canggih apa yang kalian ingin ciptakan?

Rhesa: Gw ingin sekali ada tombol CTRL Z dan CTRL Y dalam hidup gw. Pokoknya alat yang bisa membawa kita kembali ke masa lalu dan juga membawa kita ke masa depan. Yaah, kira-kira seperti mesin waktu. Hehe.
Endah: Gw ingin bisa melakukan apa saja dari tempat tidur! Pokoknya dari tempat tidur gw bisa main gitar, mau jalan-jalan, atau mau dapet duit. Hahaha, terdengar agak malas memang, tapi saya memang malas. Hahaha. Sepertinya saya mendapat ispirasi itu dari cerita Donald Duck deh, hehehe.

Fmts : Wildest dream concert?
Endah n Rhesha: Yang pasti tidak terlalu besar supaya masih bisa menjaga keintiman kami dengan penonton, dihadiri sekitar 200-300 orang, berbentuk setengah lingkaran dan kami berkolaborasi dengan musisi-musisi kesukaan kami seperti John Mayer atau John Butler

Fmts : Deskripsikan Endah N Rhesa dalam 5 kata!
Endah :Love, happiness, fun, humble, creative!
Rhesa: Suami-istri, suami-istri, suami-istri, suami-istri, Komunikasi!


Sumber foto: http://www.google.co.id/imglanding?q=endah%20n%20rhesa&imgurl=http://l.yimg.com/hb/i/id/blog/600blog_endahnrhesa.jpg&imgrefurl=http://id.yseablog.com/tag/wawancara/&usg

14 comments:

moses sinaga mengatakan...

kapan album barunya keluar??
gw suka banget endah n rhesa!

angie sitanggang mengatakan...

bravo endah n rhesa,dulu pertama kali denger single mereka yang when u love someone, kirain yang nyanyi band luar, ternyata dari indonesia. salute!

yoga mengatakan...

gw uda pernah liat performance endah n rhesa secara live, dan mereka bagus banget, g sperti penyanyi" indo lain yang suka lip sync.

bastian andoni mengatakan...

endah n rhesa tuh siapa sih? gw belom pernah denger, tp baca review lo kayanya keren. thanks for the info ya.

Jurnal Kita mengatakan...

wah seneng ya bisa wawancara endah n rhesa ...hebat...
dan endah n rhesa itu amazing bgt, gw suka klo mereka performce..

rean mengatakan...

endah n rhesa keren banget emang. nice share thank you

Bonita mengatakan...

inspiratif :)

Dini mengatakan...

gokil. baru satu gw liat artis indonesia kayak mereka. dan baru satu artis yang gw tau membagi hidupmusik 70-30 kayak gitu. cool!

swandi mengatakan...

nice interview guys

swandi mengatakan...

endah n rhesa baaaaaaik bgt. mreka ramah bgt ke fansnya. i like them so

apriliarizky mengatakan...

suka bgt lagu2nya endah n rhesa, T O P !

Bella mengatakan...

ini yang komen lucu-lucu ya hahahahaha

Andyta Larasaty (Ayasa) mengatakan...

sampe saat ini, mereka itu the most humble artist i've ever met.. santai aja gitu mondar-mandir depan orang banyak, padahal mereka yang bikin orang-orang dateng. asik deh, sukses terus couple! :D

babyfafah mengatakan...

waktu itu gw perna nge mc trus ada endah n rhesa nya, mrk asik bgt orang nya, gokil.

Poskan Komentar