Sabtu, 29 Mei 2010

Kecanggihan atau Prestige

Dewasa ini, telepon genggam merupakan kebutuhan vital bagi kebanyakan orang. Mulai dari remaja hingga dewasa. Berbagai fasilitas yang diperlukan diberikan oleh telepon genggam. Menelepon jarak jauh, pesan singkat, hingga browsing. Belum lagi fasilitas smartphone seperti Blackberry, ada fasilitas push e-mail yang disuguhkan bagi para pengguna yang butuh melakukan komunikasi melalui e-mail.


Begitu banyak toko-toko yang menjual perangkat telekomunikasi tersebut. Toko-toko tersebut pun tak pernah sepi pengunjung, hampir setiap hari dagangannya laris manis. Apalagi pada akhir pekan, pusat barang elektronik di Bandung ini penuh pengunjung.



Pola konsumtif terhadap teknologi ini memicu untuk memiliki teknologi terbaru, mulai dari telepon genggam, komputer, kamera digital, dll. Para perusahaan teknologipun memanjakan konsumen dengan selalu mengeluarkan produk baru dengan kecanggihan-kecanggihan kian menarik.


Pola konsumtif terhadap teknologi ini bukan semata-mata ingin menikmati kecanggihan yang disuguhkan oleh produsen perangkat telekomunikasi, melainkan juga prestige yang dimiliki oleh alat tersebut. Begitu banyak orang yang bangga menenteng Blackberry seri terbaru, namun tidak menggunakan fitur secara maksimal.


Prestige tersebut membuat perusahaan-perusahaan telekomunikasi mendesain telepon genggam yang akan mereka pasarkan semirip mungkin dengan Blackberry dengan harga miring. Hal ini cukup menarik bagi sebagian orang yang ingin memiliki telepon genggam dengan keypad Qwerty.

17 comments:

Anonim mengatakan...

bagi pin nya dong! LOL
btw, nex*an selain ngeluarin produk qwerty tp juga ngeluarin messenger!! how cool is that!

Adrio Kusmareza mengatakan...

Wow.
Tetap saya Fans Touch.
Hehe.

AdeS mengatakan...

Boleh sih kalau dengan alasan prestige tapi alangkah mantapnya orang yang punya alat canggih tsb bisa menggunakannya secara optimal..okeehhh.

AdeS mengatakan...

Boleh sih kalau alasannya prestige tapi alangkah mantapnya bila orang tsb bisa menggunakan alat canggih tsb secara optimal...okeeehhh...

Anonim mengatakan...

istilahnya:mereka membeli hanya untuk bergaya.

mita mengatakan...

mungkin dengan menggunakan keypad qwerty kita lebih mudah dalam mengetiknya sehingga lebih mudah dan cepat dalam mengirim sms.....

Anonim mengatakan...

setuju!

BAD Moediman mengatakan...

Ada ungkapan siapa yang menguasai teknologi informasi, maka dia akan menguasai dunia. Dan ini sudah terbukti dengan nokia yang asalnya dari finlandia, piranti kerasnya/sellularnya telah menguasai dunia dan bisa dibayangkan berapa keuntungan yang telah diraup oleh Nokia.

Anonim mengatakan...

Kalau menurut saya, kebanyakan orang Indonesia memang lebih mementingkan life style. Gengsi mereka sangat tinggi. Mereka tidak ingin dikatakan "ketinggalan jaman" kalo ga pake gadget terbaru yg sedang "in". Padahal, sebenernya tidak semua dari mereka menggunakan semua fitur yg disediakan oleh smart phone atau ponsel canggih lainnya

Anissa mengatakan...

saya sih pecinta teknologi baru, menurut saya selain merarik kalo punya sesuatu yang lebih canggih, juga menambah pengetahuan soal teknologi

Ode mengatakan...

Kalo menurut gw, kalo cuma mau nambah pengetahuan soal teknologi bisa didapet dgn membaca aja gk harus beli, kalo udh beli harus disesuain sama kebutuhan.. hidup ekonomis namum mementingkan skala prioritas..

devi mengatakan...

tapi kalo menurut saya menggunakan model sama dengan fasilitas yg berbeda kayaknya kurang jadi percaya diri..... lebih baik sekalian pake teknologi yg canggih sekalian.....

Sekar Ayu mengatakan...

Heemmm...susah juga ya,, tapi basically saya org yg membeli barang berdasarkan fungsinya, selama saya butuh, saya ngga segan2 menabung untuk membelinya..apalagi (walau cewek) saya lumayan gila IT...

Nah, definisi butuh dari masing2 org kan beda, ada yg butuh gaya, butuh prestige (walau sejatinya dia gaptek), berlagak "gadget ini sangat membantu pekerjaan saya" padahal dia ngga pernah pake gadget itu secara maksimal, hehehehehe...

But, selama itu ngga mengganggu org lain, dirinya sendiri, atau org2 di dekatnya (misal: "autis" pd pengguna Blackberry) dan ada dana untuk ituu..sah2 aja org punya gadget.. namanya juga "kebutuhan", walau bersifat duniawi, gadget bisa juga bawa kebahagiaan tersendiri untuk pemakainya... Yah seperti itulah menurut saya...

Anonim mengatakan...

inti dari telepon genggam kan cuma 2, sms dan telpon. tp fitur di luar itu sih sebebas2 orang aja lah.. kita punya biaya untuk beli ya knp enggak?

melissa hendriana mengatakan...

namanya juga dunia modern. pastinya kita ga boleh gagap teknologi doong

Tissa mengatakan...

Kalo menurut aku semua memakai teknologi yang modern karena sekarang jamannya itu modern. terus juga teknologinya bakal maju terus dan makin canggih

Andyta Larasaty (Ayasa) mengatakan...

enak pake qwerty, gak pegel..

Poskan Komentar